240 Ditilang Saat Petugas Gabungan TNI-Polri & Dishub Gelar Razia di Jalan Bantul

Yogyakarta- Puluhan petugas gabungan dari TNI Kodim 0734/Yka, Satlantas Polresta Yogyakarta dan Dishub Kota Yogyakarta melaksanakan razia atau pemeriksaan kendaraan di kawasan depan Pasar PASTY Jalan Bantul Yogyakarta pada Selasa (29/10/19) pagi. Razia dipimpin langsung oleh Wakapolresta Yogyakarta AKBP Ardiyan Mustakim, S.IK.

Setiap kendaraan bermotor, baik roda empat ataupun roda dua yang melintas di lokasi tak luput dari pemeriksaan petugas. Pemeriksaan meliputi surat-surat berkendara dan juga kelengkapan kendaraan.

Dalam pelaksanaan razia itu, setidaknya 240 pelanggar diberikan tindakan berupa tilang. Dari jumlah tersebut, polisi menyita 58 lembar SIM, 151 lembar STNK dan 31 sepeda motor karena tidak dapat menunjukkan surat-surat.

Di lokasi, Wakapolresta menjelaskan bahwa razia yang digelar petugas gabungan TNI-Polri dan Dishub ini dilaksanakan dalam rangka Operasi Zebra Progo 2019. AKBP Ardiyan menambahkan jika operasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta kelancaran dalam berlalu lintas.

“Di samping itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas," kata Wakapolresta, Selasa (29/10/2019).

Operasi ini digelar selama 14 hari mulai 23 Oktober sampai 5 November 2019 dengan mengedepankan pola penegakan hukum berupa tilang terhadap pelanggar lalu lintas.

"Untuk target operasi ada 12 jenis pelanggaran, namun ada 3 taget skala prioritas yakni pelanggaran tidak memiliki SIM, tidak dilengkapi STNK dan melawan arus," kata Wakapolresta.

Berikut 12 target operasi polisi:

1. pengendara yang tidak memiliki SIM
2. Kendaraan yang tidak dilengkapi STNK
3. Melawan arus lalu lintas
4. Tidak menggunakan helm SNI bagi pengendara motor
5. Mengemudikan mobil tidak dengan menggunakan sabuk pengaman
6. Menggunakan HP saat mengemudi
7. Berkendara di bawah umur
8. Berkendara sepeda motor berboncengan lebih dari 2 orang
9. Kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan
10. Kendaraan yang tidak dilengkapi perlengkapan standar
11. Berkendara di bawah pengaruh alkohol
12. Kendaraan bermotor yang memasang sirine atau rotator.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel