Ungkap Kasus Jambret di Palangkaraya, Polisi Amankan Dua Pelaku & Dua Penadah

Bhayangkara Palangka Raya - Hasil kerja keras Tim Gabungan Resmob Polres Palangka Raya bersama dengan Resmob Polsek Pahandut, Intelmob Brimob Polda Kalteng, Jatanras Polda Kalteng dan Ditintelkam Polda Kalteng dalam mengungkap kasus penjambretan yang beraksi dibeberapa tempat kejadian perkara (TKP) di wilayah kota Palangka Raya dalam 2 minggu terakhir berhasil menangkap dua pelaku pencurian dan dua pelaku sebagai penadah.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul R.K. Siregar, S.I.K., M.Si., yang pada saat itu bersama Waka Polda Kalteng Brigjen Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum., mengatakatan, dua tersangka aksi jambret tersebut yakni, R (15) dan IN (16) yang masih dibawah umur, sementara dua penadah lainnya yakni H (37), MR (20), ditangkap dari hasil pengembangan dari penangkapan dua tersangka penjambretan tersebut.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul R.K Siregar., M.Si., mengatakan komplotan pelaku tersebut sudah melakukan aksi penjambretan 4 kali di kota Palangka Raya dalam 2 minggu terakhir berdasarkan laporan dari masyarakat.

Selain itu, polisi juga berhasil menyita sejumlah barang bukti dari tangan tersangka antara lain atu unit motor Jupiter Z1 warna Hitam. satu Unit Tab merk Huawei warna Putih, satu unit Handphone merk Iphone 7+ warna Pink, satu unit handphone merk Iphone 5 warna Putih, satu unit handphone merk Strawberry Lipat warna Merah, satu unit handphone merk Vivo 1610 warna Pink, satu unit Handphone merk Samsung Duos warna Hitam, satu unit Handphone merk Samsung J5 warna Hitam, satu unit handphone merk Vivo warna Pink. Rata rata korban jambret dari perempuan.

Dia mengatakan terungkapnya kasus jambret tersebut berawal dari korban Lailatul (26) warga jalan Pebabri kelurahan Langkai, yang dijambret di jalan Temanggung Tandang induk pada tanggal 03 September 2018 sekitar pukul 20.00 WIB. “Setelah mendapatkan laporan, kami langsung melakukan olah TKP dan melakukan penyelidikan,” kata Kapolres Palangka Raya.

Hanya berselang beberapa hari usai beraksi, R dan IN dibekuk Tim Gabungan Tim Gabungan Resmob Polres Palangka Raya bersama dengan Resmob Polsek Pahandut, Intelmob Brimob Polda Kalteng, Jatanras Polda Kalteng dan Ditintelkam Polda Kalteng. Selanjutnya aparat melakukan pengembangan dan mengamankan 2 pelaku sebagai penadah lainnya.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul R.K. Siregar, S.I.K., M.Si., mengatakan korban jambret ini rata-rata perempuan yang merebut barang dan tas korban secara paksa.

“Para pelaku ini kebanyakan korbannya perempuan. Pelaku dengan paksa merebut barang milik korban saat mengendarai sepeda motor sehingga mereka kebanyakan jatuh dan mengalami luka-luka ,” kata Timbul Siregar.

Pihaknya masih melakukan pengembangan dengan ditangkapkapnya dua pelaku dan dua orang sebagai penadah tersebut, karena kemungkinan masih ada pelaku lainnya yang menjadi pasangan aksi jambret.

“Saat ini keduanya sudah kita amankan ke Mapolsek Pahandut beserta barang buktinya,” ucapnya.

“Terhadap tersangka penjambretan diancamkan melanggar pasal 362 dengan ancaman lima tahun penjara. Sedangkan penadah diancaman melangagr pasal 480 dengan ancaman hukuman empat tahun penjara,” lanjutnya. (fen)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel